Minggu, 20 Juni 2010

Etika Profesi

A. Pokok Bahasan : Etika Profesi

B. Sub Pokok Bahasan :
1. Prinsip Etika Profesi
2. Pengertian Profesi
3. Ciri Profesi
4. Kode Etik

C. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami prinsip etika profesi dan ciri-ciri seorang yang profesional dalam bekerja.

D. Materi Pengajaran :

1. Prinsip Etika Profesi
Prinsip-prinsip etika profesi yang berlaku bagi semua profesi terbagi atas empat yaitu :
Prinsip tanggung jawab, ini merupakan prinsip pokok bagi kaum profesional. Dan sebagai seorang yang profesional, sudah dengan sendirinya orang tersebut bertanggung jawab. Pertama, bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaannya dan terhadap hasilnya. Maksudnya, orang yang profesional tidak hanya diharapkan oleh orang lain, tetapi juga menuntut dirinya sendiri untuk dapat bekerja sebaik mungkin atau semaksimal mungkin. Kedua, ia juga bertanggung jawab atas dampak profesinya itu terhadap kehidupan dan kepentingan orang lain khususnya terhadap orang yang dilayaninya.

Prinsip keadilan, prinsip ini menuntut orang yang profesional agar dalam menjalankan profesinya ia tidak merugikan hak dan kepentingan pihak tertentu, khususnya orang-orang yang di layaninya dalam rangka profesinya. Jadi, orang yang profesional tidak boleh membeda-bedakan pelayanan dan juga kadar dan mutu pelayanannya.

Prinsip otonomi, prinsip yang dituntut oleh kalangan profesional terhadap dunia luar agar mereka diberi kebebasan sepenuhnya dalam menjalankan profesinya. Pada hakikatnya, kaum profesional ahli dalam profesinya, jadi tidak dapat di ganggu oleh pihak manapun. Hal ini terutama ditujukan kepada pihak pemerintah. Bahwa pemerintah harus menghargai otonomi profesi yang bersangkutan dan tidak mencampuri pelaksanaan profesi tersebut. Otonomi ini penting agar kaum profesional bebas mengembangkan profesinya.

Prinsip otonomi juga memiliki batasan. Pertama, prinsip otonomi dibatasi oleh tanggung jawab dan komitmen profesional (keahlian dan moral), atas kemajuan profesi tersebut serta (dampak pada) kepentingan masyarakat. Kedua, otonomi juga dibatasi dalam pengertian bahwa kendati pemerintah di tempat pertama menghargai otonomi kaum profesional, pemerintah tetap menjaga, dan pada waktunya malah campur tangan, agar pelaksanaan profesi tertentu tidak sampai merugikan kepentingan umum.

Prinsip integritas moral, berdasarkan hakikat dan ciri profesi di atas, terlihat jelas bahwa orang yang profesional adalah juga orang yang punya integritas pribadi dan moral yang tinggi. Sebenarnya prinsip ini merupakan tuntutan kaum profesional atas dirinya sendiri bahwa dalam menjalankan tugas profesinyaia tidak akan sampai merusak nama baiknya serta citra dan martabat profesinya. Oleh karena itu tidak mudah kalah pada godaan atau bujukan apapun untuk lari atau melakukan tindakan yang melanggar nilai yang dijunjung tinggi profesinya. Dan ia akan malu apabila bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai moral, khususnya nilai yang melekat pada profesinya.

2. Pengertian Etika Profesi
Pengertian etika profesi dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dan dengan melibatkan komitmen pribadi ( moral ) yang mendalam.
Untuk menjalankan profesi dituntut ketekunan, keuletan, disiplin, komitmen dan irama kerja yang pasti karena pekerjaan itu melibatkan secara langsung pihak-pihak yang lain.

3. Ciri-ciri Profesi
Ciri-ciri profesi ada 6 yaitu :

Pertama, adanya keahlian dan keterampilan khusus.
Keahlian dan keterampilan khusus ini umumnya dimiliki dengan kadar, lingkup, dan tingkat yang melebihi keahlian dan keterampilan orang lain. Keahlian dan keterampilan biasanya dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang diperoleh selama bertahun-tahun.

Kedua, adanya komitmen moral yang tinggi.
Komitmen moral ini biasanya dituangkan, khususnya untuk profesi yang luhur, dalam bentuk aturan khusus yang menjadi pegangan bagi setiap orang yang mengemban profesi yang bersangkutan.

Ketiga, biasanya orang yang profesional adalah orang yang hidup dari profesinya. Dalam hal ini seseorang biasanya mengandalkan profesinya untuk mencari kebutuhan hidup.

Keempat, adanya pengabdian kepada masyarakat.
Kendati kepentingan pribadi secara moral baik, atas dasar kepentingan profesinya mereka lebih mengutamakan pengabdian kepada klien, pasien, atau masyarakat yang meminta bantuan dan pelayanan.

Kelima, pada profesi luhur biasanya ada izin khusus untuk menjalankan profesi tersebut. profesi luhur menyangkut pada kepentingan orang banyak, dan terkait dengan nilai-nilai luhur kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup, dan kesehatan.

Keenam, kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu organisasi profesi. Tujuan organisasi profesi ini terutama adalah untuk menjaga dan melindungi keluhuran profesi. Tugas pokoknya adalah menjaga agar standar keahliaan dan keterampilan tidak dilanggar.

4. Kode Etik Etika Profesi
Kode etik harus ditaati oleh semua orang, biasanya kode etik berisi tuntutan keahlian dan komitmen moral yang berada diatas tingkat rata-rata. Kode etik merupakan suatu tuntutan yang sangat keras sebagai syarat minimal yang harus dipenuhi orang yang mempunyai profesi.

Kode etik ikut menentukan identitas pelaku, khususnya perlaku moral. Ada dua sasaran pokok kode etik, pertama kode etik bermaksud melindungi masyarakat dari kemungkinan dirugikan, kedua kode etik juga bertujuan melindungi keluhuran profesi tersebut. Kode etik menjembatani etika dan moralitas di satu pihak dan hukum di pihak lain.

E. Metode Pengajaran :
1. Presentasi
2. Diskusi
3. Penugasan

F. Sumber Pengajaran :
1. Psikologi Kerja, oleh Pandji Anoraga, S.E. M.M. Penerbit Rineka Cipta.
2. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, oleh Ir. Endar Sugiarto, M.M. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
3. Etika Bisnis, oleh Sonny Keraf, Penerbit Kanisius.
4. Business and Society, oleh Archie B. Carrol, South Western College Publiching.
5. Ethics and The Conduct of Business, John R. Boatright, Prentice Hall.
6. Etika Bisnis, oleh Sondang Siagian, Penerbit Pustaka Binaman Presindo.

G. Evaluasi :
Setelah Anda mempelajari materi kuliah, maka Anda dapat mengerjakan tugas berikut, dengan cara mendownload dan kirimkan jawaban Anda ke email : eisya.management@yahoo.co.id.

Tugas Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar