Sabtu, 26 Februari 2011

Konflik dan Stres Kerja/ Ketegangan Kerja

A.Pokok Bahasan : Konflik dan Stres Kerja

B.Sub Pokok Bahasan : Ketegangan Kerja

C.Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami gejala konflik dan stress dalam bekerja serta dapat mengendalikannya.

D.Materi Pengajaran :

Latar Belakang

Perkembangan ekonomi yang cepat, perampingan perusahaan, PHK, dan bangkrutnya beberapa perusahaan sebagai akibat dari krisis yang berkepanjangan telah menimbulkan dampak yang sangat merugikan bagi ribuan bahkan jutaan tenaga kerja. Mereka harus rela dipindahkan ke bagian yang sangat tidak mereka kuasai dan tidak tahu berapa lagi mereka akan dapat bertahan atau diperkerjakan. Selain itu mereka harus menghadapi boss baru, pengawasan yang ketat, tunjangan kesejahteraan berkurang dari sebelumnya, dan harus bekerja lebih lama dan lebih giat demi mempertahankan status sosial ekonomi keluarga. Para pekerja di setiap level mengalami tekanan dan ketidakpasitan. Situasi inilah yang sering kali memicu terjadinys stress kerja.

Banyak hasil penelitian menemukan adanya kaitan sebab-akibat antara stres dengan penyakit, seperti jantung, gangguan pencernaan, darah tinggi, maag, alergi, dan beberapa penyakit lainnya. Oleh karena itu perlu kesadaran penuh setiap orang untuk mempertahankan tidak hanya kesehatan dan keseimbangan fisik saja, tetapi juga psikisnya.

Ketegangan Kerja

Hal utama yang harus diingat pada apapun yang Anda lakukan adalah ada beberapa faktor tak terhindarkan yang akan menimbulkan tekanan dan kecemasan dalam hidup kita. Yang perlu menjadi fokus kita adalah hal-hal yang bisa kita kontrol. Sehingga setelah Anda mempelajari perbedaan antara hal-hal yang dapat Anda kontrol dengan hal-hal yang Anda tidak memiliki kendali terhadapnya maka Anda akan dapat memfokuskan waktu, energi, dan materi ke hal-hal yang bisa Anda pengaruhi.

Berikut ini merupakan beberapa nasihat dalam menangani ketegangan setiap hari yang ditimbulkan oleh stres.

1.Kenali apa yang membuat Anda merasa cemas dan gelisah. Buat sebuah daftar tentang segala hal yang menyebabkan Anda mengalami stres. Segera tangani yang bisa Anda ubah, misalnya pergi kerja lebih cepat atau mengubah cara Anda dalam menangani proyek kerja. Kemudian lupakan saja hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan, seperti kemacetan lalu-lintas atau tempat parkir atau hal-hal yang hanya merupakan bagian dari kehidupan.

2.Bersikap tenang dan menenangkan diri selama beberapa menit. Istirahat beberapa menit akan memberikan perasaan baik bagi Anda. Anda bisa pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka dan mulai lakukan sikap baru. Tenangkan diri Anda dengan makanan ringan atau makan siang lebih dini jika kerja Anda memungkinkannya.

3.Stres akan pergi dengan sendirinya. Jangan jatuh ke dalam perangkap sebagai satu-satunya orang yang terus menerus mengenang kejadian yang telah lewat dan menyebabkan Anda lebih terbebani stres. Ketahuilah bahwa perasaan itu akan berlalu dan akan berakhir. Memikirkan hal yang baik untuk dilakukan akan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda.

4.Selalu mencari penyebab dan pemicu. Setiap kali sesuatu terjadi, catat dan cari pola-pola umum yang ada pada kejadian tersebut. Jika kebanyakan dari kejadian itu terkait dengan kerja, mungkin saatnya untuk mencari sebuah pekerjaan baru atau memulai bisnis sendiri. Jika dalam waktu dekat akan ada hari libur, manfaatkan saat tersebut; Libur satu atau dua hari adalah saat yang terbaik membersihkan pikiran. Tetap perhatikan daftar kejadian yang Anda buat dan mulai pecahkan hal-hal yang Anda memiliki kendali terhadapnya.

Pada akhirnya hanya ada dua pilihan, lakukan perubahan untuk mengatasi masalah itu atau terima saja dan ingat roda kehidupan Anda terus berjalan.

Bagaimana Merasa Santai di Tengah Ketegangan di Tempat Kerja

Sesuatu menular bersembunyi di tempat kerja Anda. Ini ketegangan, kecemasan, dan perasaan kekacauan merasa dan diproyeksikan oleh orang-orang di sekitar Anda. Dan kekhawatiran Anda sendiri tidak membantu.
Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk tetap tenang di tengah-tengah semua itu.

Step 1

Sadar tentang bagaimana lingkungan dan rekan kerja Anda mempengaruhi Anda. Sementara Anda di rumah setelah bekerja, luangkan waktu hening untuk merenungkan hari Anda. Belajar untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan Lakukan ini setiap hari selama beberapa saat untuk membantu Anda menjadi lebih sadar. Segera Anda akan dapat mengambil kesadaran ini ke tempat kerja Anda dan meletakkannya untuk digunakan.

Step 2

Mengembangkan kesadaran saat Anda mulai kehilangan damai.. Akan membutuhkan latihan, tetapi Anda dapat melakukan hal ini. Di tempat kerja, cobalah untuk menangkap diri Anda segera setelah Anda mulai merasa cemas atau tertekan. Itu akan menjadi waktu yang tepat untuk "sebentar" jika Anda bisa. Merefleksikan apa yang terjadi pada saat Anda merasa stres. Cobalah untuk tetap waspada terhadap situasi yang sama waktu berikutnya hal itu terjadi. Siap sehingga Anda dapat melepaskan stres bahkan sebelum terjadi. Semakin Anda berlatih langkah 1 dan langkah 2, kesadaran Anda akan semakin tajam dan semakin Anda akan memperoleh kendali.

Step 3

Menghentikan penumpukan stres. Sepanjang hari, satu demi satu stres dapat membangun sampai Anda merasa kewalahan dengan itu. Berhenti beberapa kali sepanjang hari selama 1 sampai 5 menit. Ambil napas panjang beberapa kali. Bayangkan, ketika Anda menghembuskan napas, Anda melepaskan stres. Ketika Anda menarik napas, gambar napas Anda membawa kemantapan dan keseimbangan.. Cobalah untuk melakukan hal ini selama pertengahan istirahat pagi, saat makan siang, dan selama istirahat siang Anda.

Step 4

Luangkan waktu.. Sebelum pertemuan, sebelum Anda berbicara dengan rekan kerja yang biasanya mengganggu Anda, sebelum Anda mulai bekerja pada proyek besar, berhenti beberapa dari mereka coba untuk menrik nafas menenangkan ketegangan, menghirup keyakinan, kekuatan, dan tenang.

Step 5

Segera setelah Anda merasa diri Anda "menangkap" kegelisahan orang lain, senyum untuk diri Anda sendiri dan membiarkannya pergi.

Tenangkan diri Anda coba dengan cara meditasi, relaksasi sadar, citra, tai chi, yoga, apa saja yang akan membantu Anda belajar untuk benar-benar bersantai. Segera Anda akan membawa rasa tenang dalam hidup Anda di mana pun Anda berada.

Tips & Warnings Tips & Peringatan

1.Mengidentifikasi beberapa tempat di tempat kerja di mana Anda dapat melangkah menjauh dari meja Anda atau stasiun dan memiliki sedikit privasi untuk bernafas dan memperoleh kembali keseimbangan. Tidak harus mewah, kadang-kadang satu-satunya tempat pribadi adalah toilet.

2.Anda bahkan dapat duduk di meja Anda dan fokus pada pernapasan Anda untuk membantu Anda untuk bersantai. Ini seperti tenang, praktik sederhana, tidak ada seorang pun akan menyadarinya.

3.Jika Anda bisa, tutup mata Anda ketika Anda bernapas untuk rileks.. Tetapi Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan mata terbuka jika perlu.

Apakah Anda dapat dengan mudah mengontrol dan mengurangi situasi tegang antara Anda dan orang lain atau mungkin yang mendidih perdebatan antara dua orang lain? Belajar untuk meredakan ketegangan antara manusia adalah mutlak penting. Dan memiliki kemampuan ini tidak hanya penting dalam kehidupan pribadi Anda, tetapi yang lebih penting dalam kehidupan bisnis Anda.

Hal ini benar-benar tidak mungkin untuk bekerja secara efektif dan mengembangkan diri sendiri jika Anda tidak dapat menyelamatkan diri sendiri dan orang lain di sekitar Anda dari situasi konflik. Ada lima tindakan-berorientasi cara yang dapat Anda gunakan sebagai kerangka untuk mengelola konflik secara efektif :

1.Anda harus mengetahui dan memahami apa yang penting untuk bahan berpikir. Berpikir akan melibatkan karyawan Anda atau rekan kerja dalam interaksi yang lebih positif.

2.Anda karyawan memiliki kebutuhan tertentu di mana Anda dapat menyelaraskan tanggung jawab. Ketegangan biasanya terjadi ketika seorang pria atau wanita tidak cukup sibuk melakukan pekerjaan yang mereka mampu tangani. Beri mereka rasa tanggung jawab untuk membantu mereka membangun nilai diri mereka serta mengharapkan mereka untuk bekerja baik dengan orang lain.

3.Anda harus belajar dan mencapai resolusi konflik keterampilan dan kemampuan negosiasi yang akan memungkinkan Anda untuk mengatasi berbagai jenis tantangan setiap hari di tempat kerja. Kalau saja setiap situasi adalah sama, tetapi tidak, dan Anda harus belajar menjadi fleksibel dan membantu berbagai tingkat ketegangan.

4.Mulai untuk mengembangkan diri dan mendapatkan alat yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan dan tekanan berat. Penelitian buku pengembangan diri, mendengarkan rekaman positif.

E.Metode Pengajaran :
1.Presentasi.
2.Diskusi.
3.Penugasan.

F.Sumber Pengajaran :
1.Psikologi Kerja, oleh Pandji Anoraga, S.E. M.M. Penerbit Rineka Cipta.
2.Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, oleh Ir. Endar Sugiarto, M.M. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
3.Etika Bisnis, oleh Sonny Keraf, Penerbit Kanisius.
4.Business and Society, oleh Archie B. Carrol, South Western College Publiching.
5.Ethics and The Conduct of Business, John R. Boatright, Prentice Hall.
6.Etika Bisnis, oleh Sondang Siagian, Penerbit Pustaka Binaman Presindo.

G.Evaluasi :
Setelah Anda mempelajari materi kuliah, maka Anda dapat mengerjakan tugas berikut, dengan cara mendownload dan kirimkan jawaban Anda ke email : eisya.management@yahoo.co.id.

Tugas Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar